Pages

CIMOL, SENTRA BARANG BEKAS BERKUALITAS

Apa yang anda pikirkan bila mendengar kata cimol ? Mungkin yang ada dalam benak anda adalah sebuah penganan khas Bandung yang terbuat dari tepung kanji ( aci ) yang berbentuk bulat digoreng dan disajikan dengan bubuk cabai kering.

Cimol ini bukan lah sebuah makanan tapi melainkan sebuah tempat yang menjual berbagai pakaian, dari mulai sepatu hingga topi. Cimol terletak di pasar Induk Gedebage, dulu cimol terletak di daerah Cibadak. Kata " Cimol " diambil dari kata Cibadak Mall, walaupun bentuknya tidak seperti Mall kebanyakan. Bentuk pasar Cimol ini bukan gedung tinggi tapi berbentuk los-los atau ruko-ruko kecil.

Barang yang ditawarkan disini cukup pariatif, selain kualitas barangnya cukup bagus, harga yang ditawarkanpun cukup terjangkau. Bila anda pintar memilih barang dan menawar harga, cukup dengan uang Rp. 10.000 saja anda bisa mendapatkan sepotong celana jeans yang cukup bagus. Selain celana, masih banyak barang yang dijual disini. Contohnya jaket kulit, ditoko harga sebuah jaket kulit asli bisa mencapai Rp. 500.000, disini anda bisa mendapatkannya dengan harga yang jauh lebih murah, tentu dengan kualitas yang tidak kalah bagus.





Barang-barang yang dijual disini berasal dari Korea, China dan negara lainnya. Walaupun disebut barang bekas, kondisi barangnya masih layak pakai, paling hanya ada sedikit noda yang menempel dan mudah dibersihkan. Bukan hanya orang dari kota Bandung saja yang membeli barang disini, orang-orang dari luar kota pun ikut berburu pakaian murah dan berkualitas disini.

Bila diakhir pekan seperti hari sabtu dan minggu, pengunjung Cimol bisa bertambah dua kali lipat dari hari-hari biasa. Banyaknya barang untuk dipilih dan harga yang terjangkau menjadi alasan utama mengapa para pengunjung rela berdesak-desakan untuk membeli barang yang dicari. Fasilitasnya pun cukup memadai, sudah tersedianya mushola dan toilet menjadi sarana pendukung kenyamanan dalam berbelanja selain tempat parkir.

Fasilitas pendukung lainnya dari cimol adalah sudah tersedianya rumah-rumah makan disekitar area cimol yang memudahkan para pengunjung mengisi perut sebelum atau sesudah berbelanja.

Tian Setiawan ( 18 ) seorang pegawai disebuah perusahaan di Bandung, rela berdesak-desakan demi mendapatkan barang yang dia inginkan. " Ngga apalah desek-desekan kaya gini, yang penting dapat barangnya. Saya udah dapet sepatu sama jaket buat kerja, kalau di toko, sepatu kaya gini harganya di atas dua ratus ribu. Disini Cuma seratus dua puluh ribu aja. " ujarnya.

Bukan hanya masyarakat menengah ke bawah yang berbelanja di sini, masyarakat menengah ke atas pun banyak yang berbelanja. Banyaknya kalangan masyarakat menengah ke atas yang berbelanja di sini di tandai dengan banyaknya mobil mewah yang terparkir di tempat parkir. Menurut pedagang yang berjualan di sini, pernah ada artis ibu kota yang berbelanja pakaian di sini.

Bila melihat keadaan perekonomian dunia khususnya Indonesia yang sedang murat marit, Cimol menjadi pilihan yang tepat untuk memuaskan dahaga dalam berbelanja. Tak salah apa bila barang yang dijual di sini menjadi buruan para penghobi belanja.

Keuntungan yang kita dapatkan bila brbelanja di Cimol adalah selain harga yang pasti murah dan berkulitas, kita juga bisa menawar harga barang yang akan kita beli. Tidak seperti di toko, barang-barang yang dijual sudah dibandrol dan kita tidak bisa menawarnya.

Hal yang unik dari Cimol ini yaitu apa bila sudah menjelang sore, maka para pedagang akan menjual barang dagangannya dengan harga miring. Seperti jaket yang biasanya dijual dengan harga Rp. 50.000-Rp.60.000 perpotong, bisa dijual dengan harga Rp 20.000 saja.

Selain harga murah dan cukup bagus, pakian yang dijual di sini terhitung sangat lengkap. Dari pakian anak-anak, remaja hingga pakaian untuk dewasa tersedia di sini. Dari mulai sepatu, celana, kaos oblong, jaket hingga topi bijual di sini. Bahkan baju renang untuk anak sampai dewasa pun ada.

Sebagai pasar yang baru dibangun, Cimol terbilang pasar yang bisa menarik pengunjung yang banyak setiap harinya. Karena masih kurangnya tempat untuk para pedagang itu berjualan, pengelola dan Pemerintah Kota Bandung sudah merehab tempat pasar ini agar menjadi lebih luas. Sehingga para pengunjung lebih nyaman dalam berbelanja.

Pasar yang sudah berediri sejak lima tahun lalu ini, dulu kurang mendapat perhatian dari pengunjung. Para pengunjung berpikiran bahwa barang yang dijual di sini adalah barang bekas yang sudah jelek kondisinya. Padahal tidak semua barang yang dijual disini adalah barang bekas, ada sebagian barang yang baru dan asli buatan Indonesia.

Dulu banyak orang yang gengsi atau malu untuk membeli pakaian di pasar Cimol ini, mereka lebih memilih membeli barang atau pakaian di mall atau toko-toko. Berbeda dengan sekarang, karena sudah tahu harga murah dan kualitas barang yang bagus, para pengunjung sudah tidak memandang Cimol ini dengan sebelah mata.

Jumat, 11 Juni 2010 di 08.52

0 Comments to "CIMOL, SENTRA BARANG BEKAS BERKUALITAS"

Posting Komentar